Wednesday, August 22, 2012

buku: "5cm" dan "2" - Donny Dhirgantoro

hai kupu!

masih inget ngga sama novel 5cm? pasti pada tau kan karna novel ini lagi booming banget dari jaman kapantau sampe detik ini juga, karna si penulis Donny Dhirgantoro lagi memproses memfilmkan novel ini dengan seorang sutradara.
segininya banget novel ini booming, karna everyone knows there are some learnings that we got from this book yang udah dikemas apik sama sang penulis lewat cerita toko2nya : Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta.
so many people inspired by this book. 
tentang impian, cinta, dan kehidupan.
simple, dan mungkin klise. tapi alur cerita, kerincian, dan pelajaran yang bisa didapet, mampu mengantarkan pembaca ke titik inspirasi mereka hingga cukup termotivasi dan punya kekuatan lebih akan mimpi-mimpi yang dimilikinya masing-masing.

aku tertarik sama buku ini sejak kelas 3 SMP tahun 2007. fyi, aku paling suka ngendon di gramedia haha.
waktu itu aku suka sama prosa-prosa dan kata-kata indah dalam sastra.
dan cover buku ini, ga tau kenapa aku ngerasa "molin banget" pada waktu itu. 
tapi sayang belum terbesit keinginan untuk membeli sampai pada akhirnya baru beli 2 tahun kemudian.
dan aku menuliskan ini di halaman pertama buku 5 cm.

halaman pertama buku 5 cm.


senyum-senyum sendiri aja gitu kalo inget, memotivasi diri sendiri sebagai platform untuk harapan pada sebuah buku. dan setelah baca bukunya juga ternyata worth it, dan tentunya punya banyak learning yang didapat.

berikut beberapa cuplikan kalimat dari buku 5 cm yang inspirable buat aku..

akan selalu ada suatu keadaan, kenangan, dan orang-orang tertentu yang pernah singgah dalam hati kita dan meninggalkan jejak langkah di hati kita dan kita pun tidak akan pernah sama lagi seperti kita sebelumnya. - 4
setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh di sini, di depan kening kamu, jangan menempel. biarkan dia menggantung mengambang 5 centimeter di depan kening kamu. jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. - 378
 hanya mimpi dan keyakinan yang bisa membuat manusia berbeda dengan makhluk lain. hanya mimpi dan keyakinan yang membuat manusia sangat istimewa di mata Sang Pencipta. dan, yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya hanya mereka tinggal mempercayainya. - 378

berbeda dengan buku kedua milik Donny Dhirgantoro, yang judulnya "2".
waktu pertama beli, tepatnya pada sekitar bulan Agustus 2011 , berharap banget bisa dapet learning yang sama kaya buku 5 cm. setelah ku baca-baca sampe akhir, ujungnya kecewa.
kenapa kecewa?
soalnya alur ceritanya terlalu detail dan bertele-tele, dan pesan yang disampaikan sebenrnya cuman dikit. intinya kurang to the point gitu sih. ngga begitu ngena kaya yang buku 5 cm.
mungkin memang penyajiannya dibikin beda, tapi akhirnya tetep aja kurang greget.
tapi tetep, masih ada  beberapa cuplikan kalimat dari buku 5 cm yang inspirable buat aku..
"Jangan pernah meremehkan kekuatan seorang manusia, karena Tuhan sedikitpun tidak pernah."
"Kita tidak akan pernah tahu kalau kita hanya diam dan tidak mengambil pilihan, kita harus coba, menang atau kalah tetapi dengan perjuangan itu lebih penting, dan lebih berharga."
"Tidak ada hidup yang sempurna, hanya seorang pengecut yang menginginkan hidupnya sempurna."
"Manusia layaknya percaya ia hidup karenanya, ia ada untuk percaya bahwa ia bisa melakukan sesuatu yang luar biasa untuk dirinya. Bahwa di balik keterbatasan dan ketidaksempurnaan hidup, setiap diri ini adalah kekuatan yang tidak pernah sedikitpun diremehkan oleh Sang Pencipta."

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxW5m5CljwgzioZvn93P3dZEHyx-KdKegvZW42Een4AiThg373DW_bDP1ZM2veZXxT1OGkYlYGC8Mp8PtNVgewksSK0oMN5SUjcsKuFrK_hvcyHbI3HZdGupl2g-P24a1DzXtKGXgDJOo/s1600/DSC01664.JPG
buku 2


No comments:

Post a Comment